Ade Rai.

JawaPos.com – Setiap orang pasti ingin hidup sehat. Bagi atlet dan binaragawan profesional seperti Ade Rai, kesehatan merupakan investasi. Apalagi sebagai seorang binaragawan, pola makan yang disiplin wajib dilakukannya setiap saat.

“Kembali lagi, saya punya kesadaran terhadap makan, itu kan buat badan kita, buat sehat dan nyaman. Tapi kalau makanan hanya sekedar cita rasa, yang harus menanggung itu badannya, itu enggak adil,” tegasnya dalam Konferensi Pers bersama Yourganic, Selasa (21/3).

Namun tak menutup kemungkinan, Ade masih mengonsumsi makanan cepat saji hanya sesekali. Baginya, makanan itu hanya untuk memenuhi keinginan sesaat namun tetap diimbangi dengan olahraga yang seimbang.

“Dengan saya berinvestasi tabungan gizi, boleh sebenarnya saya makan ini itu, makan bakmi juga enggak masalah. Tapi itu hanya hiburan, bukan makanan yang saya konsumsi setiap hari. Saya punya tabungannya. Saya latihan tiap hari, saya bisa latihan 10-15 kali seminggu,” ungkapnya.

Ada berbagai bahan makanan dan menu yang sangat selektif dipilih Ade dalam menu porsi makannya dalam sehari. Ade sangat menjauhi minyak dan mentega, ini daftarnya :

Minyak Goreng

Ade sangat menjauhi makanan yang digoreng termasuk dengan minyak zaitun yang dipanaskan. Minyak yang terkena api mengandung lemak yang tinggi. Baginya minyak zaitun sangat baik jika dikonsumsi murni bukan digoreng.

Memilih Karbohidrat

Karbohidrat setiap hari bagi Ade adalah beras merah dan beras hitam. Ade juga memilih ubi sebagai pengganti karbohidratnya karena memiliki glikemik indeks yang rendah.

Membatasi Makanan Manis dan Tepung

Ade sesekali juga suka makan es doger tetapi hanya untuk memenuhi keinginan sesaat. Dirinya mengaku juga suka bakmi dan kwetiaw.

Protein

Ade mengonsumsi 30 gram protein sekali makan. Ukuran tersebut setara dengan satu porsi steik, dua dada ayam, dan putih telur 10 telur.

Mengolah Makanan

Ade lebih memilih lauk yang diolah dengan cara dibakar, dipanggang, dipepes, dan direbus. Dia menjauhi lauk pauk yang digoreng karena menggunakan banyak minyak dan mentega. Namun Ade tetap mencintai menu ayam goreng sesekali. (jawapos)

Post A Comment: